SUMBER.NGAWIKAB.ID – Selasa (12/04) Bertempat di Aula Kecamatan Pangkur , Kecamatan Pangkur, Kabupaten Ngawi telah dilaksanakan sosialisasi pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2022.  

Dalam kegiatan tersebut Pendamping Lokal Desa bersama Operator IDM Desa dan Sekretaris Desa melaksanakan pengecekan kepada semua desa apakah sudah melakukan pengisian data pada aplikasi IDM di masing-masing desa ataupun belum. Jadi jika desa-desa telah melakukan pengisian data sesuai dengan kondisi desa maka dihimbau desa segera melakukan verifikasi pada IDM desa dan akan segera diverifikasi oleh operator IDM di tingkat Kecamatan. Adapun memverifikasi data IDM 2022 harus dilengkapi Berita Acara penetapan status desa yang bertanda tangan Kepala Desa dan PLD.

Dari hasil pengolahan melalui aplikasi dapat dilihat status Desa Sumber Berkembang dan capaian IDM pada tahun 2022 dibandingkan dengan IDM tahun 2021 terdapat kenaikan secara signifikan yaitu :

  • IDM rata-rata tahun 2022 adalah 0,686
  • IDM rata-rata tahun 2021 sebesar 0,681

Indikator utama yang menjadi mayoritas faktor pendorong kenaikan status bagi desa adalah:

  • Indikator akses pendidikan PAUD & pendidikan non formal melalui penyelenggaraan kursus maupun program PKBM dan Paket A-B-C, 
  • Indikator kualitas lingkungan melalui kegiatan pencegahan pencemaran air, tanah, dan udara serta kegiatan penanganan sampah,
  • indikator potensi rawan bencana pada kegiatan penyediaan  fasilitas mitigasi & penanggulangan bencana.

Share and Enjoy !

Shares